Selasa, 05 April 2016

WEB SCIENCE DAN PENGERTIAN WEB 1.0 SAMPAI 3,0

WEB SCIENCE


Web Science, kalau kita cari definisi perkata dari kawa Web dan Science itu sendiri maka : Jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain dan dapat berbagi informasi atau data di seluruh dunia.

Jadi, apa itu Web Science ? Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang didalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web terserbut. Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidan ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

Disini saya akan menyampaikan pengertian tentang Web 1.0 sampai Web 3.0 berikut ulasan yang saya akan jelaskan :

Pengertian Web 1.0 
Web 1.0 adalah web yang hanya bisa 'read-only'. Maksudnya adalah pada web 1.0 ini kebanyakan hanya bisa melakukan pencarian atau browsing informasi yang inigin dicari. Web 1.0 ini mengacu pada World Wide Web yang penggunaannya gayanya sebelum munculnya web 2.0. Ciri-ciri yang sangat terlihat pada web 1.0 ini adalah bersifat consult, surf dan seacrh. Kekurangan atau keterbatasan dari web 1.0 ini adalah pengguna (pengunjung web) harus masuk kedalam website tersebut dan harus melihat satu persatu konten yang ada.
- Beberapa ciri khas dari situs Web 1.0 :
1. Halaman statis, bukan dinamis pengguna-konten yang dihasilkan.
2. Penggunaan framesets.
3. Milik HTML ekstensi seperti dan tag di perkenalkan pada awal perang browser.
4. Online guestbook.
5. GIF tombol, biasanya 88x31 piksel dalam ukuran web browser dan mempromosikan produk lain.

Pengertian Web 2.0
Web 2.0 adalah web yang mengarah pada 'read and write'. Pada web 2.0 ini adalah web yang lebih mempunyai keunggulan daripada web 1.0. Web 2.0 ini mempunyai inovasi dan fitur-fitur yang terbaru yang menyebabkan munculnya suatu pandangan tentang bagaimana isi dari web 2.0 ini. Keuntungan atau kelebihan dari web 2.0 ini berbanding terbalik dengan web 1.0 yaitu pengguna (pengunjung web) berkemungkinan dapat melihat suatu konten website tanpa harus mengunjungi situ tersebut dan harus meilhat semua konten website tanpa harus mengunjungi situs tersebut dan harus melihat semua konten yang ada satu per satu. Web 2.0 ini bisa melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat dan vois layaknya aplikasi dekstop, bahkan berlaku seperti sistem operasi, dengan menggunakan dukungan AJAX atau berbagi plug-in (API) yang ada di internet. Web 2.0 ini mempunyai ciri yang mencolok yaitu share, collaborate dan exploit. Ciri - ciri pada web 2.0 itu menjadikan kelebihan dari web 2.0 yaitu interaksi di dunia maya menjadi kebutuhan pengguna.
Web 2.0 umumnya bertujuan untuk mengimbangi banyakanya situs - situs yang mengusung pengguna web untuk berbagi, pertemanan dan kolaborasi menjadi sesuatu yang penting. Web 2.0 ini pun hadir seiring dengan semaraknya blog, Friendster, Myspace, Youtube, Fickr, dan semacamnya. Mulanya pada tahun 2004 web 2.0 mulai diperkembangakan. Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi - teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan AJAX. HTML dan CSS dingunakan untuk mempercantik tampilan web, sedangkan JavaScript digunakan untuk membuat tampilan dinamis, XML digunakan untuk mendefinisikan format data dan AJAX adalah penggabungan antara JavaScript dam XML yang digunakan untuk penekanan pada pengelolaan konten.

Pengertian Web 3.0
Web 3.0 Konsep ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan (AI/Artifical Intelegence). Jadi di konsep ini, diibaratkan tidak hanya manusia saja yang mampu berinteraksi (web 2.0) tetapi aplikasi aplikasi online pun kini dapat saling 'berbicara'. Antar aplikasi dapat saling berbicara? kemampuan saling berinteraksi ini dimulai dengan adanya web services. Dengan adanya web service ini, dua website ataupun lebih dapat saling bertukar data atau bahkan dapat saling bertukar proses dan operasi.
Manusia akan semakin dimanjakan dengan aplikasi-aplikasi website. Dengan adanya web services ini 
contoh : 3G, LILO community, Teknologi 3D animasi.

Perbedaan antara Web 1.0-2.0-3.0 


Dari Browsing ke Wikitechture

Memiliki manfaat perspektif, saya ingin menyarankan bahwa revolusi web 1.0 adalah semua tentang demokratisasi ACCESSIndustri seperti Jasa Keuangan, Perbankan, Ritel, Perjalanan dan Pemerintah diduga melihat nilai dalam memberikan pelanggan mereka dengan akses ke informasi tentang account mereka sehingga mereka bisa mendorong transaksi lebih dan dengan demikian menghasilkan biaya lebih. Dukungan industri untuk Web1.0 seperti Layanan Teknologi, IT dan Telecom naik gelombanguntuk mendukung industri dalam membawa proposisi nilai akses ke klien mereka.



Web read-only memberi kita kesempatan untuk mengakses informasi lebih daripada sebelumnya dan bisnis baru pintar seperti Google, Amazon dan ebay menemukan cara untuk menguangkan bahwa akses untuk keuntungan mereka sendiri.
Perhatian dan energi dalam web read-only mengorbit sekitar nilai ditukar untuk mencari dan mengakses informasi.
Napster menjabat sebagai tongkat relay antara Web 1.0 dan Web2.0. Membaca menulis webadalah semua tentang democratizaiton berbagi, partisipasi dan kolaborasi. Industri seperti Media dan Hiburan, Penerbitan dan Pendidikan melihat web partisipatif diskontinuitas dan ancaman terhadap daging dan kentang (atau kentang sofa) penonton yangsecara tradisional konsumen pasif media / konten.



Generasi milenial TIDAK pasif. Mereka ingin berinteraksi dan berkolaborasi.

Itulah mengapa halaman MySpace rata-rata mendapat 30 hits sehari. 
Mereka ingin terlibat dalam proses kreatif daripada hanya menjadi konsumen itu. Rupert Murdoch tampaknya mendapatkan dan membeli MySpace.  Google berikut sesuai  dan membeli YouTube dan kita sedang menyaksikan redefinisi besar bagaimana Media dan Hiburan industri mengembangkan dan mendistribusikan konten dan pergeseran model bisnis sekitar yang dinamis baru dalam cara mereka ekstrak nilai dari pasar untuk melakukannya.


Ini demokratisasi partisipasi dan kolaborasi juga ditopang olehsatu set baru platform ekonomi dan redefinisi pemberi kerja /kontrak karyawan. Situs seperti e-Bay menyediakan platform untuk penciptaan nilai anggota didorong. Orang-orang yang menghasilkan pendapatan dari eBay bukan karyawan eBay,Mereka  berpartisipasi dalam penggunaan fasilitas yang disediakan oleh eBay (dan Paypal dll) untuk memungkinkan mereka untuk menemukan / menciptakan nilai mereka sendiri.


Sumber : 
http://erwin-technology.blogspot.co.id/2011/02/perbedaan-web-10-20dan-30.html
https://mugnimaestra.wordpress.com/2016/03/20/apa-itu-web-science/