Senin, 13 Oktober 2014

Budaya BARAT vs Budaya TIMUR

Kalo udah ngomongin Budaya barat vs Budaya timur itu udahh banyak sekali perbedaan contoh kecil saja :
1. Gaya hidup :
- Budaya Barat lebih terkesan hedonis dilihat dari pergaulan yang dilakukan oleh generasi mudanya seperti Pesta/berpesta, gaya hidup mewah dan sebagainya.

- Budaya Timur lebih menekankan pada aspek moral, tatak rama, sopan santun dan sebagainya.



2. Adat istiadat :

- Akibat globalisasi serta proses interaksi masyarakat di BARAT membuat adat istiadat semakin luntur, hanya sedikit daerah yang masih melakukan beberapa tradisi untuk menghargai adat istiadat mereka. 


- Adat istiadat di TIMUR masih cukup kental, terlihat dari berbagai macam perayaan-perayaan, tata cara dalam pelaksanaan suatu kegiatan, pakaian khas, pengsakralan terhadap suatu lokasi, dsb.  



3. Cara berpakaian : 

- Budaya Barat lebih terbuka dari segi pakaian. namun, dengan begitu lebih banyak mode yang di hasilkan karena tidak memperdulikan batasan dari segi budaya. 


-Budaya Timur lebih menekankan pada aspek budayanya sehingga terkadang cara berpakaian lebih terlihat monoton.  



4. Makanan : 

- Budaya Barat lebih suka makan fast food (Cepat saji) seperti Hamburger, hot dog. cita rasa makanan disana juga lebih banyak mengandung cream, susu, keju. 


- Budaya Timur lebih suka menikmati hidangan dengan proses masak yang panjang seperti gulai, rendang, kari dan lain sebagainya. makanannya juga lebih banyak mengandung rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. 




5. Cara berfikir : 

- Budaya Barat dipengaruhi oleh gaya hidup mereka yang bebas sehingga melahirkan pemikiran liberal, dengan begitu banyak inovasi yang mereka hasilkan karena tidak pernah menutup kemungkinan yang ada.

- Budaya timur terkadang lebih menekankan pada besarnya resiko yang di tanggung serta terhambat oleh budaya, sehingga terkadang cara berfikir mereka berbelit-belit.


6. Teknologi : 

- Budaya Barat lebih maju dalam hal teknologi, di dukung oleh cara berfikir yang dapat menghasilkan invoasi-inovasi membuat kemajuan teknologi mereka menjadi semakin pesat. 


- Budaya Timur cukup tertinggal dalam hal teknologi karena masih dipengaruhi oleh sistem budayanya yang mementingkan dampak suatu kemajuan terhadap budaya tersebut. 



7. Transportasi :

- Budaya Barat lebih canggih karena di dukung oleh kemajuan teknologi yang pesat. dilihat dari berbagai produsen otomotif serta transportasi lainnya yang menunjang kemajuan transportasi disana. 


- Budaya Timur sistem transportasi yang masih tradisional dan mengedepankan budaya dari daerah masing-masing membuat transportasi di timur lebih berwarna, seperti contoh :       delman, becak, sepeda ontel, dsb. namun semakin kuatnya atau besarnya globalisasi membuat mereka mencontoh dari budaya barat atau dipengaruhi oleh budaya barat sehingga menghasilkan transportasi yang semakin maju. 



8. Dan masih banyak yang lainnya.



╠  Budaya Barat

Budaya barat adalah budaya yang cara pembinaan kesadarannya dengan cara memahami ilmu pengetahuan dan filsafat.


╠ Budaya Timur

Budaya Timur adalah suatu bangsa yg cukup menjunjung tinggi norma kesopanan, dengan adanya suatu nilai kesopanan dan saling menghormati pada setiap manusia maka akan terjalin kebersamaan dan adanya kepedulian antar sesama manusia.

Sekian artikel Tentang Perbedaan Budaya Barat dengan Budaya timur.
Hanya itu yang bisa saya bagikan dan mungkin masih banyak tentang perbedaan dari budaya barat dan budaya timur.