Sabtu, 08 November 2014

Pemuda dan Sosialisasi

Pengertian :
Pemuda adalah mereka yang tergolong kedalam rentang usia yang telah melewati remaja hingga memasuki usia dewasa, Pemuda juga adalah suatu generasi yang di pundaknya terbebani bermacam-macam harapan.Pemuda harus memberikan  pencerminan potensi potensi kepada generasi muda seperti :


-Idealisme                                 :
 Idealisme pemuda merupakan sebuah pandangan berfikir mendalam dimana setiap kreatifitas tidak hanya di  ucapkan melainkan di kerjakan melalui suatu tindakan.

-Kreativitas                               :
 Adanya idealisme pada generasi muda, menyebabkan mereka memiliki potensi kedinamisan dan kreativitas,  yaitu kemampuan dan kesediaan untuk mengadakan suatu perubahan dan pembaruan.

-Sikap kemandirian                   :
  Kemandirian merupakan perilaku yang aktivitasnya diarahkan pada diri sendiri serta tidak mengharapkan       pengarahan dari orang lain. Orang yang mandiri bahkan akan berusaha memecahkan masalah sendiri tanpa   meminta bantuan dari orang lain.
  Sikap mandiri itu mempunya beberapa karakteristik :
  a. Sikap mental yang baik
  b. Memiliki keberanian
  c. Menikmati proses
  d. Memiliki rasa tanggung jawab
  e. Mempunyai inisiatif
  f.  Percaya diri
  g. Berani bersaing
  dll
Pemuda diharapkan bisa menjadi penerus generasi yang telah ada sebelumnya.

Pengertian Sosialisasi :
Sosialisasi bisa diartikan sebagai proses belajar bertingkah laku berdasarkan patokan yang terdapat di masyarakat. Sosialisasi juga bisa di artikan sebagai salah satu sarana yang mempengaruhi kepribadian seseorang, jadi kepribadian seseorang sangatlah bergantung kepada cara individu bersosialisasi dengan orang lain. Lingkungan, masyarakat, dan segala hal yang terjadi di sekitarnya bisa membentuk karakter seseorang sebagai akibat dari proses sosialisasi.
Didalam kehidupan masyarakat pemuda punya peranan sosialisasi. Peranan pemuda dalam hal sosialisasi itu ada 3 proses yaitu antara lain :1. Proses sosialisasi, 2. Media sosialisasi, 3. Tujuan sosialisasi.
Contoh kecil Pemuda bersosialisasi di dalam kehidupan masyarakat yang di adakannya acara oleh  sebuah  Karang Taruna FKPPA [Forum Komunikasi Pemuda Pemudi Asabri]. Sosialisasi karang taruna tersebut bertujuan menanamkan sikap gotong royong di dalam lingkungan masyarakat dengan tercapainya keharmonisan dalam bermasyarakat. Selain itu acara ini juga dilakukan untuk dapat lebih mengenalkan FKPPA kepada para masyarakat lain,
Sosialiasasi tersebut bertema "Semarak kemerdekaan indonesia" yang diadakan di Perumahan asabri yang berada di kota purwakarta.
                                                 "Semarak Kemerdekaan Indonesia"

                                       
Jenis sosialisasi yang di lakukan oleh pemuda masa kini lebih banyak mengandung unsur Perlombaan, karena perlombaan lebih mengakomodasi berbagai aspirasi yang dimiliki oleh mereka.
Para pemuda-pemudi mengadakan penggalangan dana dengan cara meminta sumbangan pada perusahaan melalui pengajuan proposal  acara tersebut . Para pemuda dan pemudi berperan  penuh atas diadakannya acara tersebut dan menjadikannya semeriah mungkin. Mereka berperan sebagai panitia serta penanggung jawab atas acara tersebut.
Inilah Foto para pemuda pemudi FKPPA yang berperan pada acara tersebut :
 
Inilah para pemuda dan pemudi yang terlibat sebagai panitia acara perlombaan.
 
Beberapa koordinator pemuda yang sedang mengurus berjalannya lomba kelereng.
Para pemuda juga tidak hanya mengadakan lomba namun para pemuda pemudi juga menghibur dengan mengadakannya sebuah kabaret yang bertemakan kemerdekaan indonesia namun di dalam kabaret tersebut banyak mendangdung unsur komedi. Para pemuda dan pemudi mengambil unsur komedi karena ingin menghibur pada acara puncak yang di tonton oleh masyarakat sekitar. 
Ini lah beberapa Pemeran dari sebuah kabaret bertemakan komedi sebelum naik ke atas panggung.
 
Inilah para penonton kabaret dari semua kalangan usia ada, mau tua maupun yang muda
 
Inilah saat foto kabaret berlangsung.
 
Foto semua anggota kabaret yang bertemakan komedi tersebut yang semua di perankan oleh semua panitia yang mengadakan acara tersebut.
Saya rasa cukup sekian dari artikel ini yang berjudul Pemuda dan sosialisasi, Mohon maaf apabila ada yang kurang dan tidak tepat dalam kata". Karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan.
Sekian dan Terima kasih telah membaca artikel ini.